Thu, Apr 25, 2024

Call Us: (318) 742-7616

Mengenal Variasi-Variasi Kain

Mengenal Variasi-Variasi Kain

Kita tentu mengetahui apabila manusia punya 3 keperluan dasar yang penting untuk dimiliki. Ada pangan, papan, dan juga sandang. Sandang atau baju sendiri memang memiliki fungsi yang beragam bagi manusia. Fungsi dasarnya tentu yaitu untuk melindungi tubuh manusia dari panas, dingin, gangguan dari binatang dan lainnya. Fungsi dasar lainnya juga untuk menutupi beberapa bagian tubuh yang memang tak harus diperlihatkan ke publik. Selain fungsi dasar tersebut, ternyata baju juga berfungsi untuk mengucapkan kreativitas, ekspresi dan selera seseorang serta sebagai alat pengukur strata sosial. Ragam itulah yang membikin baju itu sendiri senantiasa berkembang seiring zaman. Bukan hanya seputar gaya atau tipe baju saja, melainkan juga dari bahan kain yang digunakan. Ada jenis jenis kain yang kerap kali digunakan untuk membuat baju dan pada tulisan kali ini akan kita bahas.

 

https://kaoscakep.com/ yang pertama adalah kain sutra. Kain sutra sendiri didapatkan dari kepompong ulat sutra yang seketika dipintal dan ditenun menjadi kain. Kain sutra sendiri cirinya kuat serta konsisten adem saat diaplikasikan di cuaca panas karena kecakapan meresap yang baik. Kecuali itu, kain satu ini juga sungguh-sungguh halus, malahan dikala Anda merabanya bahkan akan tahu apabila kain hal yang demikian ialah sutra, dan juga mengilap. Kecuali begitu, kain sutra ini sendiri terbilang mahal karena pembuatannya yang kompleks. Jila dahulu bahan ini acap kali digunakan oleh member kerajaan, karenanya saat ini lebih kerap dipakai oleh kaum hawa sebagai bahan gaun, dress, ataupun batik.

 

Lanjut ke bahan yang kedua ialah kain katun. Dari ragam macam kain, sepertinya kain katun merupakan variasi kain yang sering sekali digunakan oleh banyak orang. Kain katun berasal dari serat kapas yang dipintal menjadi benang lalu ditenun. Ciri dari kain ini merupakan memiliki tekstur yang terbilang halus dan lembut meski tak sehalus sutra, peredaran udara yang bagus, cakap mengabsorpsi peluh dengan bagus, gampang dirawat serta nyaman dipakai. Kecuali itu, sebab bahan bakunya gampang diperoleh membuat kain katun sendiri memiliki harga yang murah. Jenisnya yang bermacam juga membuat kain yang satu ini kerap kali dipilih. Jenis sendiri bisa untuk t-shirt, baju, celana, dan lain sebagainya.

 

Macam kain yang ketiga yaitu kain wol. Kain jenis ini lazimnya terbuat dari serta bulu domba atau hewan lain seperti llama atau alpaca. Bahan wol sendiri bertekstur tebal dan juga berat. Kecuali itu, kain wol ini terbilang kuat serta elastis. Ciri yang selanjutnya merupakan kapabel mengabsorpsi kelembaban serta melindungi dari cahaya UV. Beberapa tidak heran, biasanya bahan wol diaplikasikan untuk pakaian di tempat yang dingin sebab sifatnya yang menghangatkan tubuh. barang yang sering mengaplikasikan kain wol yakni scarf, mantel, baju hangat, cardigan, sweater dan lain sebagainya.

 

Itulah tadi jenis jenis kain yang lazimnya kerap kali dipakai oleh kebanyakan orang. Dengan beragam macam kain yang dipakai, tak heran bila gaya dan ragam pakaian akan terus berkembang ya!