Thu, Apr 25, 2024

Call Us: (318) 742-7616

Mengetahui Makna Doa Sebelum Tidur Dalam Islam

Mengetahui Makna Doa Sebelum Tidur Dalam Islam

Tidur adalah kesibukan yang Kita lakukan untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Goodtizen lelah seharian beraktivitas tidur menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh segar kembali dan siap berkesibukan lagi keesokan harinya. Kali ini Kita akan membahas seputar doa sebelum tidur. Masing-masing agama memiliki doa tersendiri yang dibaca sebelum tidur. Apa sesungguhnya makna dari membaca doa sebelum Kita tidur? Yuk simak review lengkapnya berikut ini.

Dalam artikel berikut akan dibahas seputar doa yang ada dalam agama Islam. Kenapa Kita berdoa sebelum tidur yaitu agar agar Kita siap untuk menghadapi kondisi apa pun setelah tertidur nanti. Dalam Islam ada beberapa sopan santun sebelum tidur, diantaranya bersuci secara khusus dahulu, menghadap ke arah kiblat dan berdoa. Hal itu dilaksanakan agar supaya apabila ternyata Kita dicabut nyawanya dikala kondisi tidur karenanya Kita telah dalam kondisi suci dan sudah berdoa berserah diri pada Allah.

Suara doa sebelum tidur menurut ajaran Islam yaitu Bismika Allahumma Ahya Wa Amuut yang artinya Dengan NamaMu Ya Allah Aku hidup dan Dengan NamaMu saya mati. Itu ialah sebuah hadis riwayat dari Bukhari Muslim. Doa hal yang demikian sudah dididik pada umat Muslim semenjak masa kanak-kanak sehingga benar-benar merekat di pikiran mereka.

Doa dibaca dikala Kita bersiap untuk tidur dimana dapat terjadi apa saja yang sebelumnya tak pernah Kita pikirkan saat tertidur. Ada beberapa makna yang ada dibalik membaca doa sebelum Kita tidur. Sesudah pertama yakni untuk menghayati makna kehidupan dan kematian dalam Islam. Bahwa hidup dan mati bisa terjadi kapan saja tanpa dapat Kita prediksi kapan kedatangannya. Untuk itulah Kita sepatutnya senantiasa siap sedia untuk menghadapi keadaan hal yang demikian datang pada Kita.

Makna yang kedua merupakan untuk belajar memasrahkan semua hal pada Allah sesudah Kita berupaya yang terbaik dalam hidup. Bahwa seluruh yang terjadi dalam hidup wajib Kita serahkan hasil dan ketentuannya pada Allah SWT. Tentunya dengan catatan, bahwa Kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk berusaha membuat segala urusan Kita tercapai walhasil. Setelah Kita berpasrah dan berserah diri maka apa malahan akhirnya pasti tetap membuat Kita bersyukur pada ketetapan Allah SWT.


Makna dari membaca doa sebelum Kita tidur ternyata amat luas. Setelah sayangnya banyak yang melupakan pembacaan doa ini sebelum mereka tidur. Banyak dari Kita yang kadang-kadang saking lelahnya segera tertidur seperti itu tubuh menyentuh daerah tidur. Dengan begitu Kita tidur tanpa melakukan persiapan rohani khususnya dulu.

Setelah uraian panjang lebar di atas, semoga setelah ini Kita menjadi lebih menyadari apa makna dan pentingnya membaca doa sebelum Kita tidur sehingga tak lupa untuk membacanya rutin tiap malam sebelum Kita tidur. jikalau memungkinkan iringi bacaan doa sebelum tidur dengan bacaan dzikir hingga Kita tertidur pulas. Semoga bermanfaat.