Fri, Mar 29, 2024

Call Us: (318) 742-7616

Mengetahui Komponen dan Ragam Ekosistem

Mengetahui Komponen dan Ragam Ekosistem

Apakah kamu familiar dengan kata ekosistem? Baik untuk istilah yang memiliki arti non harfiah, kata ini diambil dari sebuah topik bahasan di bidang Biologi. Terbukti, konsep ini sangat menarik dibahas, lho, karena mempunyai beragam komponen, yang terdiri atas demikian itu banyaknya aspek juga, serta memiliki tipe-jenis yang malah dapat kita ciptakan sendiri.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani Ekologi, yang berarti integrasi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekologi sendiri terdiri atas kata oikos yang berarti rumah, dan logos yang berarti ilmu. Ya, di sini kita dapat mempelajari sebuah cabang Biologi tentang rumah atau lingkungan para makhluk hidup. https://ekosistem.co.id/ , kita akan memahami fungsionalitas antara makhluk dan lingkungannya yang memunculkan interaksi, hubungan yang erat, dan sifat saling memengaruhi.


Kali ini di ekosistem.co.id, kita akan membahas sesuatu yang dasar tetapi bersifat esensial. Apa saja komponen dan tipe dari ekosistem?

Pada sebuah lingkungan hidup, terdapat dua bagian, ialah biotik dan abiotik. Bagian biotik yakni klasifikasi yang mewakili semua makhluk hidup pada lingkungan berkaitan, seumpama manusia, hewan, tanaman atau tumbuhan, bahkan jasad. Komponen biotik terbagi menjadi tiga ragam, adalah produsen, konsumen dan pengurai. Jenis produsen merupakan makhluk hidup yang membikin makanannya sendiri. Tipe konsumen yaitu jenis yang tak bisa membuat makanannya sendiri, karenanya dari itu mengkonsumsi apa yang dijadikan produsen. Kita mengetahui tiga macam konsumen, berupa karnivora, herbivora dan omnivora. Tipe pengurai adalah yang bertugas menguraikan organisme yang mati untuk menjadi bahan organic selanjutnya.

Di sisi lain, bagian abiotik merupakan segala yang bukan makhluk hidup, terdiri atas elemen lahiriah dan kimia. Guna menjaga keseimbangan antara makhluk hidup dan non hidup pada ekosistem, dibutuhkan faktor-faktor yang mensupport kehidupan mereka juga. Faktor fisik mencakup sinar sang surya, air, tanah, dan angin. Sementara elemen kimia mencakup suhu dan fokus garam.

Beralih ke pembahasan mengenai tipe ekosistem, terdapat tiga ragam yang di kelompok menurut lahan dan cara pembuatannya. Dua macam alami adalah jenis akuatik atau air, serta terrestrial atau darat yang terwujud secara alamiah juga atas apa yang ada di muka bumi. Di sisi lain, terdapat sebuah lingkungan hidup buatan juga, yang konsisten mengandung elemen-faktor alamiah tadi, melainkan dengan keberadaan yang diciptakan oleh manusia dan mesin. Dengan memanfaatkan alat dan energi yang bersifat eksternal, ragam buatan dicairkan dengan adanya akibat manusia dalam keberlangsungannya, serta kurangnya diversitas. Jenis ini memiliki teladan kebun dan hutan buatan, sawah irigasi, lahan dari tadah hujan, sampai pedesaan dan perkotaan.

Itulah penjelasan singkat nan fundamental mengenai ekosistem. Nantikan dan dapatkan info atau rujukan lainnya, cuma di ekosistem.co.id!