Fri, Apr 26, 2024

Call Us: (318) 742-7616

Pie Susu Khas Bali yang Enak

Pie Susu Khas Bali yang Enak

Pie Susu Bali karenanya salah satu hal yang tak pernah terlupakan untuk dibawa sebagai oleh-oleh ialah pie susu. Perlu diketahui bahwa pie susu Bali adalah kudapan manis pie yang mempunyai cita rasa khas manis dan sangat pantas di lidah semua orang. Hakekatnya kalau ingin membikin makanan khas Bali ini sangatlah gampang sebab bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya sangatlah simpel. Perlu dikenal bahwa meskipun pie susu ini merupakan makanan khas Bali yang sering kali dihasilkan sebagai oleh-oleh namun nyatanya kue pie susu asal mulanya bukan dari Bali. Sebetulnya ada cukup banyak versi yang menjelaskan terkait dengan sejarah dan perkembangan dari kue pie susu ini.

 

Nama lain dari pie susu merupakan egg tar, dan kebanyakan orang asing menyebutnya sebagai egg tart. Banyak yang percaya bahwa asal mula dari camilan khas Bali ini hakekatnya berasal dari Eropa. Namun masih banyak versi lainnya yang menerangkan berhubungan dengan asal mula dari pie susu. Tak sedikit orang yang kemudian menceritakan bahwa kudapan manis pie ini asalnya dari Yunani, Portugis, malahan ada pula yang menceritakan bahwa kue ini adalah kue yang berasal dari negara Asia Timur terpenting negara Hongkong.

 

Tapi sekiranya dipandang sebenarnya di negara Hongkong cukup banyak dijumpai kudapan manis sejenis pie susu dengan varian rasa yang berbeda-beda. Pada mulanya pie susu diberi tahu oleh seseorang yang bernama Tengs Cha Chaan pada tahun 1940-an. Dia adalah orang Hongkong dan sesudah dia memperkenalkan kudapan manis pie ini, banyak orang yang mengenalnya dan cafe.

 

Memang benar bahwa kudapan manis sejenis pie susu Bali ini acap kali ditemukan di negara Hongkong tapi sebenarnya kue tersebut mengadaptasi dari tart custard yang berasal dari Inggris. Progres adaptasi ini benar-benar gampang dijalankan sebab pada dasarnya Hongkong adalah eks koloni Inggris. Dan pada ketika itu ada orang ompong yang diperkirakan mengerjakan kontak dengan orang Inggris yang diperkirakan pembawa adanya pengerjaan adaptasi itu.

 

Ternyata pie susu juga mempunyai varian rasa yang bermacam-macam ragam dan tentunya disesuaikan dengan selera tiap orang. Dengan adanya varian rasa tersebut karenanya tiap orang bisa memilih sesuai dengan rasa yang diharapkannya atau bisa mencicipi rasa lainnya. Bagi yang berkunjung ke Bali dengan tujuan apa pun karenanya tidak boleh terlewatkan untuk membeli pie susu ini. Apalagi pie susu yakni salah satu makanan khas Bali yang menjadi unggulan bagi tiap orang dan benar-benar populer.

 


Tidak perlu kuatir karena pie susu Bali yang dijual dan tak jarang ditemui adalah makanan yang halal sebab untuk membuat kudapan manis merupakan mentega bukan lemak babi seperti halnya di Hongkong. Dengan demikian karenanya makanan ini aman dikonsumsi oleh siapa bahkan. Jadi tidak perlu linglung lagi ketika berkeinginan mencari oleh-oleh jika berkunjung ke Bali.